SELAMAT DATANG

SEMOGA APA YANG TERDAPAT DALAM BLOG INI DAPAT BERGUNA DAN BERMANFAAT BAGI SEMUA PIHAK YANG MEMBUTUHKANNYA SERTA DIGUNAKAN SEBAGAIMANA MESTINYA.

Selasa, 31 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN...


Satuan Pendidikan   : ...................
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : XI BAHASA/1
Alokasi Waktu          : 90 menit
Standar Kompetensi :
5. Menguasai berbagai  komponen kebahasaan  dalam berbahasa lisan  dan tulis.

Kompetensi Dasar
5.5. Membedakan berbagai jenis kalimat ditinjau dari berbagai sudut pandang. (C2)

Indikator
     Membedakan pengertian klausa dan kalimat. (C2)
     Menjabarkan jenis-jenis klausa dan kalimat. (C2)

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik dapat membedakan pengetian klausa dan kalimat, maka peserta didik dapat menjabarkan jenis-jenis klusa dan kalimat dengan benar.

II. Materi Ajar
Kompetensi kebahasaan :
·         Pengertian kluasa
·         Pengetian kalimat
·         Jenis-jenis klausa: klausa nomina, klausa verbal, klausa, bilangan, klausa preposisi
·         Contoh klausa
·         Jenis-jenis kalimat : kalimat tunggal (sederhana), kalimat majemuk/luas (setara dan bertingkat), kalimat berita, kalimat perintah, kalimat tanya.
·         Contoh jenis-jenis kalimat

III.  Model        : Kontruktivisme
      Strategi      : Cooperative Learning
      Pendekatan : Keterampilan Proses

IV. KKM            : 80

V. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1













2







































3

Pendahuluan  
Apersepsi
·         Guru memberi salam, dan berdoa sebelum belajar. (menunjukkan sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia-NYA)
·         Guru mengabsen siswa.
·         Guru mempersilakan siswa untuk mempersiapkan diri dalam pembelajaran.
Motovasi
·   Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai.
·         Guru memberikan pendahuluan tentang kalimat, bahwa sebuah kaliat dibentuk oleh klausa.   (slide 4)   

Inti
Eksplorasi
·     Guru memberikan pertanyaan pancingan yang terkait dengan klausa dan kalimat. (mengembangkan rasa ingin tahu)
·     Peserta didik distimulus berupa pemberian materi membedakan jenis-jenis klausa dan kalimat. (slide 4-14)
Elaborasi
·     Peserta didik mencermati beberapa kalimat yang diberikan guru untuk dibedakan jenis klausa dan jenis kalimatnya. (cermat, teliti)
·     Guru dan peserta didik mendiskusikan materi membedakan jenis kalimat ditinjau dari berbagai sudut pandang. (Bahan Buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA Program Bahasa karangan Nenden Lilis Aisyah dkk. halaman 67-72)
Berperilaku santun dalam berdiskusi (seperti: menghargai setiap pendapat; tidak memaksakan kehendak; mengajukan pendapat/ide dengan santun; menerima kesepakatan hasil diskusi).
·     Peserta mengerjakan beberapa soal soal latihan yang ada pada slide 15-17 sebagai tugas individu. (Bertanggungjawab dan disiplin dalam melaksanakan tugas)
·     Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas seperti yang ditugaskan pada slide 15-16.
·     Merangkum materi jenis-jenis klausa dan jenis-jenis kalimat.
Konfirmasi
·     Membacakan rangkuman
·     Menanggapi rangkuman yang dibacakan




Penutup
·     Penguatan keterampilan berupa refleksi
·     Guru memberi salam
10 menit















70 menit





































10 menit

ceramah
tanya jawab
diskusi



VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
·         Alat: komputer, LCD proyektor
·         Bahan: buku penunjang yang terkait dengan materi,  Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA dan MA Program Bahasa karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas X SMA/MA Program Bahasa, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA kelas XI Program Bahasa.
·         Sumber: internet, surat kabar, majalah

VII. Prosedur Penilaian
         Penilaian Kognitif
             Teknik  : Pertanyaan tulisan
             Bentuk : pilihan ganda
         Penilaian Afektif
             Bentuk : Lembar pengamatan
Lembar Pengamatan
Nama
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Kejujuran
Etika
Rata-rata







Skala Penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 sampai dengan 5
Penafsiran angka : 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik

Penilaian Psikomotor
            Bentuk : Lembar penilaian kerja
Lembar penilaian psikomotor
No.
Nama
Aspek Yang Dinilai
Jumlah
Skor
Rata-rata Nilai
A
B
C
1
2







Aspek Yang Dinilai :
               A = Ketepatan mengidentifikasi jenis-jenis klausa
               B = Ketepatan mengidentifikasi jenis-jenis kalimat
               C = Ketepapan memilah jenis-jenis klausa/kalimat

Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari nilai terkecil 20 sampai dengan 100.

Penugasan Terstruktur
  1. Menyimak penjelasan membedakan jenis-jenis klausa dan kalimat.
  2. Mencari klausa pada sebuah beberapa kalimat  untuk mengidentifikasi jenis klausa dan kalimat.
  3. Membedakan jenis-jenis klausa dan kalimat yang sudah disiapkan oleh guru.



Kegiatan Mandiri
Mencatat pokok-pokok materi membedakan jenis-jenis klausa dan kalimat yang disampaikan guru atau dari buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA Progtam Bahasa karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas XI SMA/MA untuk Program Bahasa, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA Pogram Bahasa.

Instrumen Penilaian
   Butir Soal dan kunci jawaban terlampir pada bahan ajar.

   Pedoman Penilaian = jumlah skor tiap soal 5 untuk 20 butir soal (terlampir pada bahan uji)
                                               
                                                                                                            Kuningan, 7 Juli 2011
            Kepala SMA Kosgoro Kuningan,                                              Guru Mata Pelajaran,





            Drs. Endang Kandar, M.Pd.                                                     Awan Sundiawan, S.Pd.
NIP 195711241985031004                                                      NIP 19712008092008011001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar