Satuan Pendidikan : ...................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI BAHASA/1
Alokasi Waktu : 90 menit
Standar Kompetensi : 5. Menguasai berbagai komponen kebahasaan dalam berbahasa lisan dan tulis.
Kompetensi Dasar
5.5. Membedakan berbagai jenis kalimat ditinjau dari berbagai sudut pandang. (C2)
Indikator
• Membedakan pengertian klausa dan kalimat. (C2)
• Menjabarkan jenis-jenis klausa dan kalimat. (C2)
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik dapat membedakan pengetian klausa dan kalimat, maka peserta didik dapat menjabarkan jenis-jenis klusa dan kalimat dengan benar.
II. Materi Ajar
Kompetensi kebahasaan :
· Pengertian kluasa
· Pengetian kalimat
· Jenis-jenis klausa: klausa nomina, klausa verbal, klausa, bilangan, klausa preposisi
· Contoh klausa
· Jenis-jenis kalimat : kalimat tunggal (sederhana), kalimat majemuk/luas (setara dan bertingkat), kalimat berita, kalimat perintah, kalimat tanya.
· Contoh jenis-jenis kalimat
III. Model : Kontruktivisme
Strategi : Cooperative Learning
Pendekatan : Keterampilan Proses
IV. KKM : 80
V. Langkah-langkah Pembelajaran
No. | Kegiatan | Alokasi waktu | Metode |
1 2 3 | Pendahuluan Apersepsi · Guru memberi salam, dan berdoa sebelum belajar. (menunjukkan sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia-NYA) · Guru mengabsen siswa. · Guru mempersilakan siswa untuk mempersiapkan diri dalam pembelajaran. Motovasi · Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai. · Guru memberikan pendahuluan tentang kalimat, bahwa sebuah kaliat dibentuk oleh klausa. (slide 4) Inti Eksplorasi · Guru memberikan pertanyaan pancingan yang terkait dengan klausa dan kalimat. (mengembangkan rasa ingin tahu) · Peserta didik distimulus berupa pemberian materi membedakan jenis-jenis klausa dan kalimat. (slide 4-14) Elaborasi · Peserta didik mencermati beberapa kalimat yang diberikan guru untuk dibedakan jenis klausa dan jenis kalimatnya. (cermat, teliti) · Guru dan peserta didik mendiskusikan materi membedakan jenis kalimat ditinjau dari berbagai sudut pandang. (Bahan Buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA Program Bahasa karangan Nenden Lilis Aisyah dkk. halaman 67-72) Berperilaku santun dalam berdiskusi (seperti: menghargai setiap pendapat; tidak memaksakan kehendak; mengajukan pendapat/ide dengan santun; menerima kesepakatan hasil diskusi). · Peserta mengerjakan beberapa soal soal latihan yang ada pada slide 15-17 sebagai tugas individu. (Bertanggungjawab dan disiplin dalam melaksanakan tugas) · Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas seperti yang ditugaskan pada slide 15-16. · Merangkum materi jenis-jenis klausa dan jenis-jenis kalimat. Konfirmasi · Membacakan rangkuman · Menanggapi rangkuman yang dibacakan Penutup · Penguatan keterampilan berupa refleksi · Guru memberi salam | 10 menit 70 menit 10 menit | ceramah tanya jawab diskusi |
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
· Alat: komputer, LCD proyektor
· Bahan: buku penunjang yang terkait dengan materi, Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA dan MA Program Bahasa karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas X SMA/MA Program Bahasa, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA kelas XI Program Bahasa.
· Sumber: internet, surat kabar, majalah
VII. Prosedur Penilaian
● Penilaian Kognitif
Teknik : Pertanyaan tulisan
Bentuk : pilihan ganda
● Penilaian Afektif
Bentuk : Lembar pengamatan
Lembar Pengamatan
Nama | Disiplin | Aktivitas | Kerjasama | Kejujuran | Etika | Rata-rata |
| | | | | | |
Skala Penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 sampai dengan 5
Penafsiran angka : 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik
● Penilaian Psikomotor
Bentuk : Lembar penilaian kerja
Lembar penilaian psikomotor
No. | Nama | Aspek Yang Dinilai | Jumlah Skor | Rata-rata Nilai | ||
A | B | C | ||||
1 2 | | | | | | |
Aspek Yang Dinilai :
A = Ketepatan mengidentifikasi jenis-jenis klausa
B = Ketepatan mengidentifikasi jenis-jenis kalimat
C = Ketepapan memilah jenis-jenis klausa/kalimat
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari nilai terkecil 20 sampai dengan 100.
Penugasan Terstruktur
- Menyimak penjelasan membedakan jenis-jenis klausa dan kalimat.
- Mencari klausa pada sebuah beberapa kalimat untuk mengidentifikasi jenis klausa dan kalimat.
- Membedakan jenis-jenis klausa dan kalimat yang sudah disiapkan oleh guru.
Kegiatan Mandiri
Mencatat pokok-pokok materi membedakan jenis-jenis klausa dan kalimat yang disampaikan guru atau dari buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA Progtam Bahasa karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas XI SMA/MA untuk Program Bahasa, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA Pogram Bahasa.
● Instrumen Penilaian
Butir Soal dan kunci jawaban terlampir pada bahan ajar.
Pedoman Penilaian = jumlah skor tiap soal 5 untuk 20 butir soal (terlampir pada bahan uji)
Kuningan, 7 Juli 2011
Kepala SMA Kosgoro Kuningan, Guru Mata Pelajaran,
Drs. Endang Kandar, M.Pd. Awan Sundiawan, S.Pd.
NIP 195711241985031004 NIP 19712008092008011001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar