Satuan Pendidikan   : ...................
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : XI BAHASA/1
Alokasi Waktu          : 90 menit
Standar Kompetensi :   5. Menguasai berbagai  komponen kebahasaan  dalam berbahasa lisan  dan tulis. 
Kompetensi Dasar
5.5. Membedakan berbagai jenis kalimat ditinjau dari berbagai sudut pandang. (C2)
Indikator
•     Membedakan pengertian klausa dan kalimat. (C2)
•     Menjabarkan jenis-jenis klausa dan kalimat. (C2)
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik dapat membedakan pengetian klausa dan kalimat, maka peserta didik dapat menjabarkan jenis-jenis klusa dan kalimat dengan benar.
II. Materi Ajar
Kompetensi kebahasaan : 
·         Pengertian kluasa 
·         Pengetian kalimat
·         Jenis-jenis klausa: klausa nomina, klausa verbal, klausa, bilangan, klausa preposisi 
·         Contoh klausa
·         Jenis-jenis kalimat : kalimat tunggal (sederhana), kalimat majemuk/luas (setara dan bertingkat), kalimat berita, kalimat perintah, kalimat tanya.
·         Contoh jenis-jenis kalimat
III.  Model        : Kontruktivisme
      Strategi      : Cooperative Learning
      Pendekatan : Keterampilan Proses
IV. KKM            : 80
V. Langkah-langkah Pembelajaran 
|      No.  |          Kegiatan  |          Alokasi    waktu  |          Metode  |    
|     1 2 3  |        Pendahuluan    Apersepsi ·           Guru memberi   salam, dan berdoa sebelum belajar. (menunjukkan   sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia-NYA) ·           Guru mengabsen   siswa. ·           Guru mempersilakan   siswa untuk mempersiapkan diri dalam pembelajaran. Motovasi ·   Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai.  ·           Guru memberikan pendahuluan   tentang kalimat, bahwa sebuah kaliat dibentuk oleh klausa.   (slide 4)     Inti Eksplorasi ·     Guru memberikan pertanyaan   pancingan yang terkait dengan klausa dan   kalimat. (mengembangkan rasa ingin tahu) ·     Peserta didik distimulus berupa pemberian materi membedakan   jenis-jenis klausa dan kalimat. (slide 4-14) Elaborasi ·     Peserta didik mencermati beberapa kalimat yang diberikan   guru untuk dibedakan jenis klausa dan jenis kalimatnya. (cermat, teliti) ·       Guru dan peserta didik mendiskusikan   materi membedakan jenis kalimat ditinjau dari berbagai sudut pandang. (Bahan Buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA Program   Bahasa karangan Nenden Lilis Aisyah dkk. halaman 67-72)  Berperilaku santun dalam   berdiskusi (seperti: menghargai setiap pendapat; tidak memaksakan kehendak;   mengajukan pendapat/ide dengan santun; menerima kesepakatan hasil diskusi). ·     Peserta mengerjakan beberapa soal soal latihan yang ada   pada slide 15-17 sebagai tugas   individu. (Bertanggungjawab dan   disiplin dalam melaksanakan tugas) ·     Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas seperti   yang ditugaskan pada slide 15-16. ·     Merangkum materi jenis-jenis   klausa dan jenis-jenis kalimat.  Konfirmasi ·     Membacakan rangkuman ·     Menanggapi rangkuman yang dibacakan Penutup ·     Penguatan keterampilan berupa refleksi  ·     Guru memberi salam  |        10 menit 70 menit 10 menit  |        ceramah tanya jawab diskusi  |   
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
·         Alat: komputer, LCD proyektor
·         Bahan: buku penunjang yang terkait dengan materi,  Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA dan MA Program Bahasa karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas X SMA/MA Program Bahasa, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA kelas XI Program Bahasa.
·         Sumber: internet, surat kabar, majalah
VII. Prosedur Penilaian
         ● Penilaian Kognitif
             Teknik  : Pertanyaan tulisan
             Bentuk : pilihan ganda
         ● Penilaian Afektif
             Bentuk : Lembar pengamatan
Lembar Pengamatan
|     Nama  |        Disiplin  |        Aktivitas  |        Kerjasama  |        Kejujuran  |        Etika  |        Rata-rata  |   
|     |        |        |        |        |        |        |   
Skala Penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 sampai dengan 5
Penafsiran angka : 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik
● Penilaian Psikomotor
            Bentuk : Lembar penilaian kerja
Lembar penilaian psikomotor 
|     No.  |        Nama  |        Aspek Yang Dinilai  |        Jumlah  Skor  |        Rata-rata Nilai  |   ||
|     A  |        B  |        C  |   ||||
|     1 2  |        |        |        |        |        |        |   
Aspek Yang Dinilai :
               A = Ketepatan mengidentifikasi jenis-jenis klausa
               B = Ketepatan mengidentifikasi jenis-jenis kalimat
               C = Ketepapan memilah jenis-jenis klausa/kalimat
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari nilai terkecil 20 sampai dengan 100.
Penugasan Terstruktur
- Menyimak penjelasan membedakan jenis-jenis klausa dan kalimat.
 - Mencari klausa pada sebuah beberapa kalimat untuk mengidentifikasi jenis klausa dan kalimat.
 - Membedakan jenis-jenis klausa dan kalimat yang sudah disiapkan oleh guru.
 
Kegiatan Mandiri
Mencatat pokok-pokok materi membedakan jenis-jenis klausa dan kalimat yang disampaikan guru atau dari buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA Progtam Bahasa karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas XI SMA/MA untuk Program Bahasa, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA Pogram Bahasa.
● Instrumen Penilaian
   Butir Soal dan kunci jawaban terlampir pada bahan ajar.
   Pedoman Penilaian = jumlah skor tiap soal 5 untuk 20 butir soal (terlampir pada bahan uji)
                                                                                                            Kuningan, 7 Juli 2011
            Kepala SMA Kosgoro Kuningan,                                              Guru Mata Pelajaran,
            Drs. Endang Kandar, M.Pd.                                                     Awan Sundiawan, S.Pd.
NIP 195711241985031004                                                      NIP 19712008092008011001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar