SELAMAT DATANG

SEMOGA APA YANG TERDAPAT DALAM BLOG INI DAPAT BERGUNA DAN BERMANFAAT BAGI SEMUA PIHAK YANG MEMBUTUHKANNYA SERTA DIGUNAKAN SEBAGAIMANA MESTINYA.

Selasa, 31 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   : .................
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : XI AS/1
Alokasi Waktu          : 90 menit
Standar Kompetensi :
3. Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif.

Kompetensi Dasar
3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif.(C2)

Indikator
·      Mengidentifikasi gagasan utama setiap paragraf. (C2)
·      Menentukan paragraf yang termasuk dalam paragraf induktif dan deduktif berdasarkan letak gagasan utama.(C2)
·      Menulis paragraf deduktif dan induktif berdasarkan topik tertentu. (C3)

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik dapat mengidentifikasi gagasan utama setiap paragraf, peserta didik dapat menetukan paragraf deduktif dan induktif berdasarkan letak gagasan utama melalui membaca intensif dan akhirnya dapat menulis paragraf deduktif dan induktif berdasarkan topik tertentu.

II. Materi Ajar
·     Pengertian paragraf.
·     Pola pengembangan paragraf.
·     Paragraf deduktif.
·     Paragraf induktif.

III.  Model        : Kontruktivisme
      Strategi      : Cooperative Learning
      Pendekatan : Keterampilan Proses

IV. KKM            : 70

V. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1












2


































3

Pendahuluan  
·         Guru memberi salam, dan berdoa sebelum belajar. (menunjukkan sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia-NYA)
·         Guru mengabsen siswa.
·         Guru mempersilakan siswa untuk. mempersiapkan diri dalam pembelajaran.
·   Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai.
·         Guru mengingatkan tentang paragraf. (slide ke-5)   

Inti
Eksplorasi
·     Guru memberikan pertanyaan pancingan yang terkait dengan paragraf deduktif dan induktif. (mengembangkan rasa ingin tahu)
·     Peserta didik distimulus berupa pemberian materi tentang membedakan paragraf deduktif dan induktif. (slide 6-12)
Elaborasi
·     Peserta didik membaca dengan cermat dan seksma teks yang disediakan oleh guru untuk diidentifikasi mana yang termasuk paragraf deduktif dan induktif.
·     Guru dan peserta didik mendiskusikan materi membedakan paragraf deduktif dan induktif. (Bahan Buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk. halaman 75-76)
Berperilaku santun dalam berdiskusi (seperti: menghargai setiap pendapat; tidak memaksakan kehendak; mengajukan pendapat/ide dengan santun; menerima kesepakatan hasil diskusi).
·     Peserta mengerjakan beberapa soal soal latihan yang ada pada slide 15-18 sebagai tugas individu. (Bertanggungjawab dan disiplin dalam melaksanakan tugas)
·     Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas paragraf deduktif dan induktif persuasi yang ditugaskan pada slide 15-18.
·     Merangkum materi membedakan paragraph deduktif dan induktif.
Konfirmasi
·     Membacakan rangkuman
·     Menanggapi rangkuman yang dibacakan

Penutup
·     Penguatan keterampilan berupa refleksi dan guru memberikan PR kepada peserta didik  yang diambil dari buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk. Halaman 76-77  dan dari latihan/tugas yang belum selesai dikerjakan di kelas.
·     Guru memberi salam
10 menit












70 menit


































10 menit

ceramah
tanya jawab
diskusi
inkuiri
simulasi
demonstrasi

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
·         Alat: computer, LCD proyektor
·         Bahan: buku penunjang yang terkait dengan materiAktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia 2 untuk kelas XI SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas XI SMA/MA, Bahasa dan Sastra Indonesia 2 SMA/MA kelas XI
·         Sumber: internet, surat kabar, majalah

VII. Prosedur Penilaian
         Penilaian Kognitif
             Teknik  : Pertanyaan lisan dan tulisan
             Bentuk : pilihan ganda,  uraian dan performan (unjuk kerja)
         Penilaian Afektif
             Bentuk : Lembar pengamatan
Lembar Pengamatan
Nama
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama
Kejujuran
Etika
Rata-rata







Skala Penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 sampai dengan 5
Penafsiran angka : 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik

Penilaian Psikomotor
            Bentuk : Lembar penilaian kerja
Lembar penilaian psikomotor
No.
Nama
Aspek Yang Dinilai
Jumlah
Skor
Rata-rata Nilai
A
B
C
D
E
1
2









Aspek Yang Dinilai :
               A = ketepatan menentukan gagasan utama
               B = ketepatan menentukan letak gagasan utama pada paragraf
               C = ketepatan menentukan pola pengembangan paragraf
D = ketepatan membedakan paragraf deduktif dan induktif
E = ketepaan menulis paragraf dedeuktif dan induktif berdasarka topik tertentu

Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari nilai terkecil 20 sampai dengan 100.

Penugasan Terstruktur
  1. Menyimak penjelasan paragraf dan pola pengembangannya berdasakan letak gagasan utama.
  2. Menentukan gagasan utama dan letaknya pada paragraf.
  3. Menentukan jenis pola pengembangan paragraf berdasarkan letak gagasan utama.
  4. Membedakan paragraf deduktif dan induktif dari teks yang disediakan.
  5. Menulis paragraf deduktif dan induktif.





Kegiatan Mandiri
Mencatat pokok-pokok membedakan paragraf deduktif dan induktif dari tanyangan presentasi yang disampaikan guru atau dari berita atau dari buku Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia untuk kelas x SMA dan MA karangan Nenden Lilis Aisyah dkk., (e-book): Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk kelas X SMA/MA, Bahasa dan Sastra Indonesia 1 SMA/MA kelas, kemudian membuat rangkuman isi berita tersebut!

Instrumen Penilaian
   Butir Soal dan kunci jawaban terlampir pada bahan ajar (Master Soal Deduktif Induktif.wqc).

   Pedoman Penilaian = jumlah skor
                                               
                                                                                                            Kuningan, 28 Juni 2011
            Kepala SMA Kosgoro Kuningan,                                              Guru Mata Pelajaran,





            Drs. Endang Kandar, M.Pd.                                                     Awan Sundiawan, S.Pd.
NIP 195711241985031004                                                      NIP 19712008092008011001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar